Senin, 10 Agustus 2009

Greatest Facts Of Indonesia

Wah gak kerasa udah mao 17 - an lagi. Indonesia mao ulang tahun yang ke 64. Ngomong - ngomong tentang Indonesia, ada buanyak hal yang membanggakan dari negara kita ini, yuk mari kita cek...

1. Indonesia punya 316 kelompok etnis yang berbicara dengan 670 bahasa.

2. Indonesia punya garis pantai terpanjang ketiga di dunia yaitu 54.716 km.

3. Indonesia bisa jadi merupakan negara terakhir yang masih punya daerah tak terjamah dan belum terpetakan sepenuhnya, khususnya di sekitar Papua.

4. Indonesia punya 17.508 pulau dan merupakan kepulauan terbesar di dunia. Dari jumlah tersebut hanya 6000 yg dihuni manusia.

5. Indonesia menyumbang 25% jenis koral dan karang di dunia, juga 3500 dari 4500 spesies ikan di seluruh dunia.

6. Indonesia adalah negara asal beberapa hewan dan tanaman yang menakjubkan. Diantaranya adalah Komodo dan Rafflesia Arnoldi.

7. 3 dari 10 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia, yaitu Borneo, Papua, dan Sumatera.

8. Motif batiknya mencapai 4000 lebih.

9. Candi Borobudur merupakan candi agama Buddha terbesar di dunia dan pernah masuk kedalam 7 keajaiban dunia.

10. Indonesia punya 3 dari 20 danau paling dalam di dunia, yaitu Danau Matano, Sulawesi (590 m), Danau Toba (529 m), dan Danau Poso di sulawesi (450 m).

11. Indonesia punya sekitar 28.000 spesies tanaman, diantaranya 2500 jenis anggrek, 6000 jenis tanaman obat.

12. Indonesia memiliki 450 gunung berapi,yang 150 diantaranya masih aktif dan mewakili 75% seluruh gunung yang aktif di dunia.

13. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia dan terkenal dengan rasa kopinya yang nikmat.

14. Indonesia menjadi negara keempat terbesar di dunia yang mengekspor serum polio ke seluruh dunia. Karena serum ini dihasilkan dari monyet ekor panjang yang banyak terdapat di Indonesia.

Ini baru segelintir aja dari banyak kelebihan yang dimiliki Indonesia lho. Sayangnya, banyak banget sumber daya alam yang luar biasa itu dieksploitasi oleh orang - orang yang nggak bertanggung jawab. Mulai dari illegal logging sampai perdagangan satwa. Semuanya hanya mau menguntungkan diri sendiri, cuek sama keadaan negara apalagi kesejahteraan lingkungan. Tapi gua percaya banget, kita sebagai penerus bangsa, lebih punya rasa malu dan idealisme untuk nggak melakukan kesalahan yang dilakukan generasi sebelumnya. Yuk sama - sama kita bangun Indonesia jadi lebih makmur dan beradab.

1 komentar:

Ksatrio Wojo Ireng mengatakan...

Indeed agree with you... Indonesia's richness is incomparable, despite the fact that a great number of people is bitching about the country and act as if it's hopeless already..

I traveled all around the world visiting various lands and met numerous people finaly came to confirm that all the facts on your posting are significant, as large number of those foreigners are envious about us.

Kind regards from West Africa, and we should all feel proud of ourselves, being an Indonesian, indeed.

Related Posts with Thumbnails